Selasa, 22 November 2016

Lelaki Pemaaf

Suatu hari, di tempat yang teduh Rasulullah berkumpul dengan para sahabatnya. Rasulullah memberi kabar kepada para sahabatnya. "Sebentar lagi calon penghuni surga akan datang di hadapan kalian", kata Rasulullah.

Mendengar kabar tersebut para sahabat merasa heran, terdiam, dan saling beradu pandang. "Siapa gerangan orang yang dimaksud Rasulullah tersebut", begitu pikir mereka.

Sejurus kemudian, datanglah lelaki sederhana di hadapan para sahabat. Air wudu masih menetes dari janggut lelaki tersebut. Sementara tangan kirinya menenteng sandal.

Keesokan harinya, Rasulullah kembali menyampaikan kabar yang sebelumnya. Lalu lelaki yang kemarin datang kembali.

Di hari berikutnya, Rasulullah mengulangi perkataannya. Lagi-lagi lelaki itu datang kembali.

Akhirnya, seorang sahabat, Abdullah bin Amr merasa penasaran. Ia membuntuti lelaki tersebut. Lalu bertanya, "Wahai, sahabatku, izinkan aku menginap di rumahmu tiga hari."

Selama tiga hari itu Abdullah bin Amr semakin heran. Ibadah lelaki tersebut tidak ada yang istimewa. Lalu, apa gerangan yang membuatnya masuk surga? Itulah pertanyaan yang berkecamuk di benak Abdullah bin Amr.

Kemudian, Abdullah bin Amr berkata  kepada lelaki tersebut. "Aku sudah tiga hari di sini, tetapi aku tidak melihatmu melakukan ibadah yang istimewa. Mengapa Rasulullah menyebutmu salah satu calon penghuni surga?"

Lelaki tersebut menjawab, "Aku memang tidak melakukan amalan ibadah yang istimewa. Sebelum tidur, aku selalu memaafkan saudara seiman yang berbuat salah kepadaku. Aku juga berusaha menghindari rasa iri dan dengki terhadap nikmat Allah yang diberikan kepada mereka."

Akhlak lelaki tersebut bersesuaian dengan Al Quran Surat An Nisa' ayat 149 berikut ini, "Jika kamu menyatakan sesuatu kebajikan, menyembunyikannya. atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sungguh, Allah Maha Pemaaf, Mahakuasa."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Pisang

Anda tahu jantung pisang? Kenapa disebut jantung pisang? Karena bentuknya mirip jantung. Jantung pisang itu bisa dimakan mentah maupun setel...